cover
Contact Name
M. Fadhly Farhy Abbas
Contact Email
fadhly@unilak.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fadhly@unilak.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Lectura : Jurnal Pendidikan
ISSN : 20864876     EISSN : 2549063X     DOI : -
Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2019): Lectura: Jurnal Pendidikan" : 7 Documents clear
RELASI ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Silfanus Jelatu; Mayona Emenensia Mon; Selvianus San
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2019): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v10i1.2390

Abstract

Prestasi belajar matematika merupakan istilah yang berhubungan dengan pencapaian hasil belajar yang ditandai dengan penguasaan materi setelah mengikuti pembelajaran. Prestasi belajar matematika siswa pun beragam, dari yang tinggi sampai yang rendah. Berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, peneliti berhipotesis bahwa faktor yang mempengaruhi atau yang melatarbelakangi masalah rendahnya prestasi belajar siswa adalah faktor inteligensi dengan indikatornya terletak pada tingkat kemampuan numerik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 647 orang siswa kelas XI APH SMK Sadar Wisata Ruteng. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Jumlah anggota sampel keseluruhannya adalah 87 siswa. Data kemampuan numerik dan data prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan menggunakan metode tes. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan teknik analisis korelasi. Hasil analisis data dari penelitian ini memberikan nilai koefisien korelasi sebesar 0,612 dan nilai thitung= 7,135 lebih besar dari ttabel= 1,6629 (7,135>1,6629). Selanjutnya Hasil analisis uji signifikan diperoleh nilai thitung = 7,135, sedangkan nilai ttabel = 1,663 pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dan dk = n-2 = 87-2= 85. Ternyatayaitu 7,135 > 1,663. Dari hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika siswa, artinya semakin tinggi kemamuan numerik seseorang maka prestasi belajarnya pun semakin baik. Begitupun sebaliknya. Dari hasil analisis juga diperoleh informasi bahwa besarnya sumbangan atau kontribusi kemampuan numerikterhadap prestasi belajar matematikaadalah 37,46%, sedangkan sisanya 62,54% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
PERANAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENUMBUHKAN JIWA BERWIRAUSAHA SISWA SMK KOTA BEKASI Dellia Mila Vernia
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2019): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v10i1.2393

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan meningkatkan jiwa berwirausaha melalui mata pelajaran matematika di SMK Insan Mulia Bekasi. Jumlah pengusaha atau wirausaha di Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain di wilayah Asia negara masih kalah jauh, karena pengusaha di Indonesia masih sedikit. Salah satu wadah dalam pembentukan karakter dan nilai pada anak yaitu di sekolah, dan sekolah juga sebagai salah satu sarana tempat belajar mengajar. Siswa diajari banyak hal, seperti halnya diajari tentang how to know dan juga how to do. Rendahnya jiwa berwirausaha siswa dan masih adanya siswa yang tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang pentingnya jiwa berwirausaha menjadi salah satu faktor penting untuk mewujudkan tujuan dari penelitian ini. Adapun dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode sampel purposive (purposive sample). Berdasarkan hasil penelitian, siswa SMK Insan Mulia memiliki karakter berwirausaha, hal ini terlihat dari jawaban kuesioner yang sudah diberikan. Matematika memiliki peranan penting untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha di SMK Insan Mulia, terutama dalam pembelajaran geometri yang berdampak pada produk kreatif yang sangat berguna untuk dunia usaha. Hambatan yang dihadapi siswa dalam mempelajari matematika dalam menumbuhkan jiwa berwirausaha diantaranya yaitu soal matematika yang sudah diberikan belum dapat menumbuhkan jiwa berwirausaha seperti ketekunan dan keuletan. Hal ini dikarenakan masih banyak kesukaran dalam menjawab soal tersebut.Solusi dalam mengatasi hambatan untuk meningkatkan jiwa berwirausaha siswa SMK Insan Mulia diantaranya, harus memperbanyak soal-soal matematika sehingga menumbuhkan keuletan dan ketekunan yang berdampak dalam menumbuhkan jiwa berwirausaha pada siswa.
MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI Dudung Ma'ruf Nuris
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2019): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v10i1.2399

Abstract

Kompetensi pedagogik sebagai kompetensi yang harus dikuasai guru di samping kompetensi profesional, sosial, dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dampak motivasi belajar dan kompetensi pedagogik terhadap hasil pembelajaran di bidang akuntansi keuangan. Riset dilakukan terhadap 36 siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan jenis penelitian adalah penelitian eksplanasi. Sumber yang dipakai berupa data yang sudah tersedia yaitu nilai akhir semester dan penyebaran instrumen. Teknik dokumentasi dan teknik kuisioner dipakai dalam mengumpulkan data di penelitian ini. Analisis deskriptif dan analisis inferensial dipilih untuk mengidentifikasi hasil akhir riset. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa dan kompetensi pedagogik terhadap hasil pembelajaran akuntansi keuangan. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan dari hasil analisis regresi sehingga didapatkan nilai konstan 98,850 disamping itu nilai motivasi belajar ditemukan sejumlah 0,345 dan nilai kompetensi pedagogik guru teridentifikasi 0,377. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dari siswa mempunyai pengaruh terhadap hasil pembelajaran akuntansi dan kompetensi pedagogik yang dimiliki dapat mempengaruhi hasil pembelajaran akuntansi keuangan. Hasil penelitian juga membuktikan keberlakuan teori behavioristik yang menyebutkan tingkah laku sangat perlu diaplikasikan agar dorongan belajar dan kemampuan guru dapat teruji baik di kelas maupun diluar kelas.
THE EFFECTIVENESS OF DIGITAL STORYTELLING ON STUDENTS’ SPEAKING ABILITY Andi Idayani
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2019): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v10i1.2409

Abstract

Speaking is an assential skill that used be mastered by the Students, because it is necessary for them to improve their ability to communicate orally by presenting their ideas and opinions in real life. Digital storytelling is the practice of using computer-based tools to tell stories. It can be used as homework, classroom group projects, or a holiday project for students. In relation to this, the purpose of the research is to find out is there any significant effect of digital storytelling on students’ speaking ability. Then, Describing and analyzing the effectiveness of digital storytelling in enhancing students’ speaking ability. in this study, the researcher used experimental research. An experimental usually involves two groups of subject, an experimental group and a control group. The population of this research was the fifth semester of English students of FKIP - Islamic University of Riau in academic year 2018/2019. The sampling technique used in this research is purposive sampling. The researcher choose 5B as experimental class which consist of 26 students and 5C as control class which consist of 25 students. The reseracher used speaking test as instrument which included in pre-test and post-test. The results of the research revealed that ttest > ttable (14,402>2.05954), ttable on degree freedom (df) 25 on the level of significant 0.05. Consequently, it means that the alternative hypothesis is accepted while the null hypothesis is rejected. So, the conclusion of the research has shown that there is positive effect of digital storytelling towards students’ speaking ability.
PENGARUH METODE PARTISIPATORI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA SISWA SMK Siti Alifah; Dwi Narsih; Sigit Widiyarto
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2019): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v10i1.2410

Abstract

Bidang kewirausahaan yang dilaksanakan di sekolah perlu mendapat perhatian khusus. Pemerintah dan masyarakat perlu bekerjasama dalam meningkatkan minat dan kemampuan berwirausaha siswa. Pihak sekolah perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi dan situasi sekolah. Guru yang menggunakan metode pembelajaran diharapkan dapat Meningkatkan kemampuan berwirausaha. Namun penggunaan metode sering diabaikan.Sehingga pembelajaran tidak maksimal. Upaya untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha perlu digalakkan, dan memerlukan kerjasama yang baik para stakeholder pendidikan. Bidang kewirausahaan sangat penting bagi perkembangan ekonomi indoensia,karena jumlah wirausahawan di Indonesia masih sedikit dibandingkan negara tetangga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Partisipatori dan minat belajar terhadap kemampuan berwirausaha. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 25 siswa SMK. Data diambil dengan menggunakan angket (pada variabel pembelajaran dan minat belajar), sedangkan kemampuan berwirausaha dengan menggunakan tes praktek uji kemampuan. Uji klasik yang digunakan adalah normalitas dan linierlinitas. Setelah itu data diolah dengan menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh pembelajaran partisipatori dan minat belajar terhadap kemampuan berwirausaha, terdapat pengaruh pembelajaran partisipatori terhadap kemampuan berwirausaha, dan tidak terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan berwirausaha. Agar pembelajaran untuk berwirausaha dapat meningkatkan kemampuan berwirausaha, maka perlu adanya pembeajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa SMK.
STUDENTS’ PERCEPTION ON THE USE OF MEDIA OF ADVERTISEMENTS IN TEACHING SOCIOLINGUISTICS Vina Fathira
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2019): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v10i1.2411

Abstract

The researcher wanted to evaluate the students’ opinion of using media of advertisements in order to get the deep description of the understanding of linguistic theory. Using media of advertisement is one of the techniques in increasing students’ understanding of linguistic matters, especially in teaching sociolinguistics, especially in politeness and gender concept. In digital era, using media of advertisement is familiar media seen by the students that is using gadget actively. The research aims at students’ perception of the use of media of advertisements in teaching sociolinguistics. The descriptive research was employed to this research. A group of students in a classroom using this media of advertisements is the population and the sample of this research. There were 10 students of the third year of STIBA Persada Bunda Pekanbaru through media of advertisement during 2017/2018 academic year. In collecting data, the students were asked to watch two videos from media of advertisements relating to politeness and gender. Then, in analysing data, the researcher used six questions relating to politeness and gender to the students by semi structured interview. The result indicated that most of the students motivated in obtaining information and enjoyed during the learning process and media of advertisement also increased their curiosity in understanding politeness and gender concepts of teaching sociolinguistics.
SOLVING THE STUDENTS’ PROBLEM IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT THROUGH ATTRIBUTE CHARTS STRATEGY M. Fadhly Farhy Abbas; Shelvira Elsa Dwita
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2019): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v10i1.2412

Abstract

This research was based on the students’ problems in writing descriptive text, especially in terms of organizing the generic structure, determining adjective to describe people or things, and mastering vocabulary. The purposes of this research were to improve the students’ writing skill in descriptive text and to find out the factors influencing the students’ improvement through Attribute Chart strategy at grade 7.2 of SMPIT Al Birru Pekanbaru. The design of this research was Classroom Action Research. The instruments used were the writing test, observation checklist, field note, and interview. The participants involved in this research were the students at grade 7.2 which was consisted of 16 students. The result showed that the students base score was 51.8, and the score in cycle 1 was 70.4. It means the students’ score was improved in cycle 1. Furthermore this improvement was influenced by 4 factors. These factors were obtained based on the result of field note. Moreover, the results of field note were: students’ motivation, students’ interest, students’ exciting with the new topic, and the students’ activeness in the learning process. In conclusion, the use of Attribute Chart strategy in writing descriptive text can improve students’ writing skill at 7.2 grade of SMPIT Al Birru Pekanbaru.

Page 1 of 1 | Total Record : 7